Cara Menghilangkan Ketombe

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cara Alami dan Sederhana

Ketombe merupakan hal sangat mengganggu dalam kehidupan anda sehari-hari karena menyebabkan rasa gatal dikulit kepala sehingga menimbulkan rasa kurang percaya diri. 
Bagaimanakah cara menghilangkan ketombe? Apa yang anda harus lakukan untuk menghilangkan ketombe? Sebelum kita mengetahui bagaimana cara menghilangkan ketombe sebaiknya kita perlu tahu hal-hal yang menimbulkan ketombe dikulit kepala? Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan ketombe :

Kulit Kepala Berminyak
Jenis kulit kepala berminyak juga menjadi faktor yang menyebabkan munculnya ketombe pada kepala anda. Kulit kepala berminyak akan meyerap kotoran atau debu ketika anda beraktivitas sehari-hari sehingga debu yang terserap oleh kulit kepala yang berminyak akan mengendap dikulit kepala anda dan hal ini menjadi penyebab ketombe.
Alergi
Alergi pada kulit kepala yang ditimbulkan dari produk perawatan rambut menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe, apabila anda menggunakan produk perawatan rambut sebaiknya anda mengetahui kandungan yang terdapat di produk tersebut, apakah aman untuk kulit kepala kita sehingga tidak menimbulkan alergi yang mengakibatkan munculnya ketombe. Produk perawatan rambut seperti shampoo ataupun conditioner juga dapat menimbulkan ketombe jika anda tidak benar-benar membilas rambut anda dengan bersih setelah keramas dan menggunakan conditioner. Dengan kondisi bilasan rambut yang kurang bersih akan menyisakan bahan-bahan yang terdapat pada produk tersebut yang dapat diserap oleh kulit kepala, hal ini beresiko apabila anda memiliki kulit kepala yang sensitif.

Stres
Kondisi keseharian anda yang memicu timbulnya stress juga menjadi faktor penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala anda.
Penyakit kulit
Gangguan penyakit kulit kepala yaitu dengan mengelupasnya kulit kepala anda sehingga menjadi pecah-pecah atau bersisik yang mampu menimbulkan ketombe.

Jamur
Jamur dikulit kepala, sebenarnya jamur juga dibutuhkan oleh kulit kepala kita untuk mencerna minyak yang terdapat di permukaan kulit kepala, namun apabila kondisi jamur berlebihan maka hal ini juga menimbulkan bahaya ketombe dikepala kita

Setelah kita mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab munculnya ketombe maka ada baiknya kita mencegah hal yang dapat menimbulkan atau memicu timbulnya ketombe tersebut. Namun apabila anda ternyata memang telah memiliki ketombe dan mencari tahu bagaimana cara menghilangkan ketombe berikut ini ulasan yang dapat anda baca dan anda coba

Untuk menghilangkan ketombe sebenarnya anda bisa saja menggunakan produk perawatan ataupun shampoo yang dapat menghilangkan ketombe, dari yang memiliki harga yang terjangkau hingga harga yang tinggi. Namun kerap kali muncul pertanyaan pada diri anda apabila anda menggunakan produk tersebut cocok atau tidak di kulit kepala anda, untuk menghilangkan ketombe selain menggunakan produk perawatan rambut anda mungkin ada baiknya mencoba dengan cara alami dan sederhana seperti berikut ini:

Nanas
Cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan nanas. Ambilah sebuah nanas kemudian anda parut setelah anda membuang bagian kulit nanas tersebut, pilih nanas yang sudah matang nggak perlu nanas subang atau nanas madu gosoklah hasil parutan nanas tadi dikulit kepala anda diamkan semalaman. Bilaslah rambut anda dipagi harinya lakukan secara rutin hal ini hingga kepala anda terbebas dari ketombe yang mengganggu. Kandungan zat bromelin yang terdapat pada nanas mampu berkhasiat menghilangkan sel-sel jaringan kulit yang tidak sehat termasuk juga didalamnya ketombe.

Jeruk nipis
Potonglah jeruk nipis lalu usapkan pada kulit kepala anda kemudian diamkan sesaat setelah itu bilahlah kepala anda menggunakan air bersih. Kandungan asam salisat yang terdapat pada jeruk nipis mampu mengangkat lemak yang menempel dikulit kepala.

Mengkudu
Anda tentu mengenal buah mengkudu, ambilah yang sudah masak kemudian parut mengkudu tambahkan sedikit air lalu aduk hingga rata. Setelah rata kemudian anda dapat mengoleskan parutan mengkudu tersebut dikepala anda biarkan hingga mengering lalu bilaslah menggunakan air bersih. Kandungan  alkaloid terpenoid yang terdapat pada  buah mengkudu berkhasiat sebagai penghilang lembab dan antiseptik serta pelembut bagi kulit kepala anda.

Cuka
Cara menghilangkan ketombe berikutnya adalah dengan menggunakan cuka yang sering kita temui di dapur. Caranya yaitu cukup campurkan cuka tadi dengan air bersih dengan perbandingan 1:1 yaitu secangkir cuka dicampur dengan secangkir gelas. Gunakan campuran ini sebagai bilasan terakhir setelah anda keramas kemudian diamkan sebelum anda membilas dengan air bersih

Demikianlah cara menghilangkan ketombe yang dapat anda lakukan dengan cara alami. Selain perawatan dari luar, anda juga dapat mencegah proses timbulnya ketombe melalui makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Mulailah kurangi mengkonsumsi minuman seperti kopi dan juga minuman yang beralkohol, jalani diet makanan rendah karbo dan lemak serta perbanyaklah mengkonsumsi vitamin B6 dan vitamin C. Demikianlah cara menghilangkan ketombe untuk anda lakukan semoga bermanfaat, perlu diingat menghindari lebih mudah daripada mengobati. Lakukan cara menghilangkan ketombe secara rutin dan penuh kesabaran.

2 komentar:

  1. ijin simak trus siap praktek entar pagi gan .. :)

    kunjungi alungtoys69.blogspot.com gan

    BalasHapus
  2. ini shampo shampo asli mengkudu, cara praktis mengatasi ketombe www.shampononiajaibnet.com

    BalasHapus