Jenis Kulit Wajah Wanita dan Perawatannya

Bersyukurlah bagi kalian para wanita yang terlahir dengan kecantikan alami. Tak perlu kalian berepot-repot mencari info kecantikan, toh, kalian sudah terlihat cantik sedari lahir.

Secara naluri, setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik. Bahkan, tak jarang ada beberapa wanita yang  ingin menjadi cantik melalui cara-cara yang berbahaya bagi kesehatan.

Seperti operasi plastik, suntik botox, sedot lemak, dan berbagai operasi-operasi mengerikan lainnya.
Kecantikan yang terpancar dari seorang wanita bisa dilihat dari jenis kulit yang dimiliki. Kulit wanita yang terawat, secara langsung akan memancarkan kecantikan wanita tersebut.
Kulit adalah bagian terluar dari tubuh manusia yang bersentuhan dengan lingkungan luar secara langsung. Kulit paling sensitif yang terdapat pada tubuh manusia adalah kulit wajah.
Berdasarkan perawatannya kulit wajah terdiri atas beberapa macam. Antara lain, kulit normal, kulit kering, berminyak, kombinasi, dan kulit sensitif. Berikut adalah info kecantikan tentang perawatan bagi bermacam jenis kulit wajah pada wanita.

Kulit Normal
Bagi anda para wanita yang memiliki jenis kulit yang normal sepertinya tidak akan dipusingkan oleh masalah-masalah kulit, seperti jerawat dan minyak berlebih di sekitar daerah muka. Perawatan yang diperlukan untuk jenis kulit normal pun cenderung sederhana. 

Kulit Berminyak
Kulit berminyak yang disertai jerawat banyak ditemukan pada anak remaja (pubertas) meskipun sebagian orang dewasa juga mengalami masalah ini. Kulit berminyak/jerawat perlu dibersihkan wajah sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Namun, sering membersihkan wajah  dapat meningkatkan produksi minyak, sehingga keseimbangan harus dijaga berdasarkan kebutuhan kulit setiap individu. Dengan menggunakan pembersih, bebas minyak berbusa non-comedogenic yang mengandung salicylic acid/benzoyl peroxide berguna untuk mencegah jerawat.

Jenis kulit yang berminyak sepertinya merupakan jenis kulit yang paling banyak mempunyai masalah. Wanita dengan kulit berminyak pasti akan seringkali direpotkan oleh berbagai masalah yang menyerang kulit wajah. Kulit berminyak mempunyai pori-pori  yang terlihat besar, kulit pun akan terlihat berminyak sepanjang waktu.
Untuk mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah, kita bisa menggunakan buah apel yang dihaluskan untuk kemudian dijadikan masker. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin.
Tapi ternyata tidak selamanya kulit berminyak membawa ‘bencana’ bagi pemiliknya. Wanita dengan kulit berminyak rupanya tidak akan direpotkan dengan kulit yang keriput pada masa tuanya nanti.

Kulit Kombinasi
Kebanyakan orang memiliki jenis kulit yang kering dibagian pipi dan didaerah T-Zone (kening, hidung, dan dagu) yang cenderung berminyak, bila Anda menghadapi kulit kering nan berminyak maka bisa dipastikan Anda memiliki kulit kombinasi. Perawatan pada jenis kulit seperti ini tergolong sulit. Produk perawatan yang tepat dapat mengatasi kulit kering serta menjaga keseimbangan pH (Potential of Hydrogen). Gunakan pembersih wajah yang ringan untuk menjaga Sebum pada kulit, lotion berbahan tabir surya yang berspektrum luas (broad-spectrum sunscreen) bisa menjadi pilihan Anda. Perawatan pada kulit kombinasi bisa dilakukan dengan membuat masker wajah dari mentimun dan lidah buaya.
Kulit Kering
Wajah yang terlihat kusam serta kulit halus terkelupas akibat kekurangan cairan/pelembab merupakan ciri-ciri dari tipe kulit kering. Kulit kering biasanya akan terhindar dari jerawat karena produksi minyak pada kulit yang sangat minim.Wanita yang memiliki jenis kulit seperti ini hendaknya tidak pernah lupa untuk selalu menggunakan pelembap. Hindari juga pemakaian sabun pada kulit wajah, karena hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi semakin kering. 

Bersihkan wajah dua kali sehari  menggunakan pembersih wajah yang lembut (gentle cleanser) dan pembersih wajah yang mengandung krim dengan busa ringan (creamy wash). Sebagai antisipasi, olesi pelembab yang mengandung tabir surya (sunscreen) sesaat setelah membersihkan wajah, agar pelembab dapat terserap dengan sempurna. Pelembab tabir surya (sunscreen) yang mengandung formula krim antioksidan, dimethicone, minyak biji anggur/ petrolatum dapat mencegah kekurangan air pada kulit.


Perawatan alami terhadap jenis kulit kering bisa menggunakan kulit jeruk. Caranya adalah dengan merendam kulit jeruk yang telah ditusuk-tusuk ke dalam air hangat, dan membasuhkannya pada kulit wajah.
Kulit Sensitif
Berbeda dengan empat jenis kulit sebelumnya, si empunya kulit sensitif harus lebih waspada dan peka dalam perawatan kulitnya. Pemililk kulit sensitif hanya diperbolehkan membersihkan wajah sehari sekali untuk menghindari pengelupasan kulit. Hindari pemakaian produk yang mengandung wewangian, sabun, atau alkohol mengurangi resiko kulit menjadi sensitif. Kandungan  produk seperti lipoic acid, glycolic acid dansalicylic acid dapat menyebabkan iritasi kulit. Pilihlah perawatan kulit yang berbahan dasar green tea polyphenols, chamomile, danaloe vera bisa jadi solusi.

Jenis kulit sensitif sangat peka terhadap berbagai rangsangan dari luar. Kulit jenis ini akan mudah teriritasi bila pemakaian riasan tidak sesuai. Para wanita memang sudah selayaknya memperhatikan kesehatan kulit wajahnya. Menyesuaikan perawatan dengan jenis kulit yang dimiliki nampaknya bisa sedikit meminimalisir masalah-masalah yang terjadi pada kulit Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar