Diet Sehat


Tips Cara Diet Sehat

Banyak orang memilih tubuh kurus untuk alasan kecantikan. Memiliki tubuh yang kurus dianggap impian setiap wanita. Tapi bagaimana jika tubuh kurus tersebut tidak sehat? Apakah tetap menjadi impian?

Banyak cara dilakukan wanita agar tubuhnya langsing. Mulai dari mencari Tips Kurus dari majalah, bertukar informasi dengan teman, hingga cara-cara tidak benar seperti membuat tubuh lapar atau diet-diet yang menyiksa tubuh dengan mengkonsumsi obat-obatan berbahaya.

Diet Instant

Cara-cara yang dilakukan para wanita ini seringnya malah merusak tubuh mereka sendiri. Contohnya:
1. Bulimia
Cara ini dilakukan untuk menjaga berat badan tetap sama tanpa harus mengurangi makan.
Cara yang dilakukan penderita bulimia adalah memuntahkan makanan yang telah mereka konsumsi. Ada yang menyorongkan jarinya ke tenggorokan dan memaksa dirinya memuntahkan isi perut mereka.
Tanda-tanda orang bulimia ini adalah kurus yang tidak terlihat segar. Wajah mereka layu dan terlihat seperti orang sakit.
2. Obat diet
Cara ini dilakukan untuk menahan nafsu makan.
Biasanya sebelum makan, para wanita yang menganut sistem diet dengan obat ini akan meminum pil yang membuat mereka kenyang sehingga saat makan nanti, mereka hanya makan sedikit saja dan tak merasakan lapar sama sekali.
3. Medis
Ada pula yang pergi ke dokter untuk disuntik kurus. Suntikan ini mengandung vitamin C dosis tinggi.
4. Alternatif
Dengan pergi ke ahli akupunktur, totok perut, dan meminum ramuan herbal, para wanita yang menjalani diet ini dikontrol pola makannya, dan ada juga makanan pengganti yang disarankan para terapis.



Kelemahan Diet Instant
Keempat cara di atas memiliki kelemahan-kelemahan sendiri, karena cara-cara tersebut adalah cara instant. Sementara untuk memiliki tubuh yang kurus tapi sehat, memerlukan waktu dan ketekunan menjalaninya.
Dengan bulimia, wanita memang terlihat kurus, namun tak bersinar karena nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dipaksa keluar.
Sementara menggunakan obat-obat diet juga berbahaya karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan efek samping pada organ tubuh kita, seperti ginjal dan hati.
Menyuntikkan vitamin C dosis tinggi memang terbukti cepat menurunkan berat badan. Namun efek sampingnya akan terasa 10 tahun mendatang. Efek yang paling cepat terasa adalah gangguan pada lambung. Penderita mag  sebaiknya menghindari cara ini.
Cara alternatif seperti totok atau akupunktur memang terdengar aman karena tak mengkonsumsi obat kimia. Namun begitu kita berhenti melakukan cara ini, tubuh kita akan segera melar kembali.


Tips Kurus yang Sehat

Lalu bagaimana caranya agar tubuh kita bisa kurus dan sehat? Berikut tips kurus yang bisa Anda jalani.

1. Olah raga.
Mulai dengan olah raga ringan seperti jalan pagi / sore. Jika Anda ingin aerobik, lakukan di studio senam. Aerobik yang dilakukan bersama-sama akan lebih menyenangkan.
Renang bersama keluarga juga bisa menjadi alternatif.
2. Pola makan.
Pagi hari minum jus buah tanpa gula, lalu siang hari makan nasi seperti biasa, makan malam sebelum jam 7 malam dengan porsi separuh makan siang, dan jika terasa lapar setelah jam tersebut dapat mengemil buah atau sayuran.
3. Pikiran positif.
Berpikir positif memberikan ketenangan.
4. Bersyukur atas semua yang kita miliki.
Istilah rumput tetangga lebih hijau sebaiknya diganti dengan rumput di rumah sendiri lebih baik dari rumput tetangga.
Terakhir perlu dicatat bahwa tubuh kurus bukan jaminan sehat jika kita tidak melakukan diet yang tepat. Banyak tips kurus yang bisa didapat di berbagai media.
Namun jika kita menginginkan yang instan, hasilnya tidak akan baik. So, lebih baik lambat asal selamat, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar